Loading... Please wait...

Our Newsletter


Cara Praktis Merawat Batik Tuban

Posted on 22nd Oct 2010 @ 9:55 PM

Keindahan corak dan warna batik tentu mempesona tiap orang yang memandangnya. Namun bagaimana jika keindahan itu tak lagi tampak karena kain batik Anda perlahan rusak dan pudar seiring waktu. Karena itu tentunya Anda ingin kain batik Anda tetap terlihat cantik meskipun sudah bertahun-tahun lamanya bukan? Yuk ikuti tips perawatannya..

 

Merawat batik tidak sama seperti merawat kain dan baju lainnya. Dibutuhkan sedikit keterampilan dan kesabaran agar warna dan corak cantiknya tidak cepat pudar dan terlihat usang.

 

  1. Cara terbaik untuk merawat kain batik adalah dengan mencucinya menggunakan cairan khusus yang banyak dijual di pasaran (lerak) atau bisa juga dengan menggunakan shampo. Larutkan shampo dalam air secukupnya hingga betul-betul merata agar terhindar dari pudarnya warna pada kain batik.
  2. Jangan pernah mencuci kain batik di dalam mesin cuci. Selain dapat merusak kain itu sendiri, penggunaan deterjen pada kain batik dapat melunturkan warna dan corak yang ada. Apabila terdapat noda yang membandel dan sulit dihilangkan dengan lerak maupun shampo atau sabun cuci biasa, cobalah hilangkan noda tersebut dengan kulit jeruk tetapi jangan pada seluruh permukaan kain, melainkan hanya pada bagian yang terkena noda saja.
  3. Setelah dicuci, biarkan kain batik mengering secara alami di tempat yang cukup teduh, jangan langsung dijemur dibawah terik matahari. Memeras kain batik dapat merusak warna dan motif kain.
  4. Semprotkan pewangi pada kain batik Anda, jangan semprot kain secara langsung melainkan tutupi terlebih dahulu kain batik dengan koran kemudian semprotkan cairan pewangi dan pelembut kain saat akan disetrika.
  5. Untuk menghindari ngengat dan serangga lainnya di dalam lemari pakaian yang bisa merusak kain batik Anda, dapat diatasi dengan memasukan merica ke dalam tisu. Bau merica yang kurang sedap dapat mengusir ngengat sehingga kain batik Anda terjamin keamanannya!

Nah.., cukup mudah 'kan untuk merawat kain batik Anda agar tetap cantik. Selamat mencoba!